SD Muhammadiyah Kutoarjo

Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54212, Indonesia

Membangun Kecerdasan dan Akhlaqulkarimah

How to Make Clorot (Tradisional Food From Purworejo)

Sabtu, 11 Nopember 2017 ~ Oleh Admin Sekolah ~ Dilihat 389 Kali

Hari yang dinanti akhirnya tiba,kegiatan fieldtrip dan outing class di penghujung semester 1 jatuh untuk giliran anak2 kelas 3 SD Muh Kta. Terakhir bukanlah yang paling tidak menarik, justru kegiatan fieldtrip ank2 kls 3 pada hari ini, Kamis 9 Nov 2017 merupakan hari yang luar biasa untuk mereka.
Suasana keceriaan tergambar dalam raut wajah anak-anak.Perjalanan dg 5 armada bis menyusuri jalanan panjang dg hamparan sawah terbentang di kanan kiri jalan menambah asyik dan sejenak merefresh kepenatan anak2 yang kesehariannya berada dalam lingkup sekolah.
Pukul 08.00 tiba lah kami rombongan kelas 3 SD Muh Kta di desa Aglik Kecamatan Grabag. Di awali dengan kegiatan ramah tamah kemudian lanjut dengan outbond oleh kakak2 instruktur. Anak2 makin mengekpresikan diri dalam permainan bersama para instruktur.
Mereka semua pecah dalam sebuah kegembiraan luar biasa betapa tidak karena 4 kelas yg kesehariannya dalam bingkai kelas masing2 kini menjadi satu berbaur dalam kebersamaan.
Tak terasa jam menunjukkan Pkl.09.30 ,tibalah saatnya pada sesi yang kita tunggu2 yaitu melihat langsung bagaimana proses pembuatan clorot yang merupakan makanan khas tradisional dari Purworejo.Beliau Ibu Ahmad yang pada kesempatan ini bersedia memberikan ilmunya kepada anak2 tentang bagaimana proses membuat clorot.Beliau ini sudah kurang lebih selama 15 tahun menekuni usaha pembuatan clorot. Dengan terampil beliau sampaikan langkah awal membuat wadah clorot yaitu tempat kecil menyerupai corong berulir yang terbuat dari daun kelapa muda atau yang kita dikenal dengan nama "janur." "Dilipat begini lalu putar bagian bawah rapat naik mengulir sampai atas disimpul",bgitu kata beliau. Anak2 penuh dengan penasaran sambil mencoba melakukan seperti yg bu Ahmad sampaikan. Gagal coba lagi (trial and error) hingga akhirnya mereka bisa.
Selanjutnya adalah anak2 mendapatkan penjelasan dan praktik langsung membuat adonan kue clorot.Ternyata kue unik yang satu ini terbuat dari bahan dasar: tepung beras,tapioka,dan gula merah.Dengan proporsi tertentu dan tahapan adonan serta proses pengukusan yang benar menghasilkan kue mungil lezat yang namanya clorot.
Sungguh senang hati anak2 pada hari ini mendapatkan pembelajaran yang luar biasa.Sebuah pengalaman belajar pengenalan kearifan lokal yang tak akan pernah mereka lupakan. Setidaknya mereka bangga sebagai anak2 Purworejo yang memiliki makanan tradisional clorot khas kota Purworejo tercinta. Semoga ini menjadikan sebuah pengalaman luar biasa untuk anak2 kelas 3.

Kutoarjo,9 Nov 2017
Tim guru kelas 3

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Suprayitno, S.Pd.I.

Tiada kata menyerah bagi SD Muhammadiyah Kutoarjo untuk berjuang terus maju mengembangkan diri. Sarana prasarana yang kurang tidak boleh menjadi…

Selengkapnya